Kuliner Kebun Edukasi Lamsel, Jadi Destinasi Wisata Andalan di Lamsel

Lampung Selatan Pariwisata
LAMPUNG SELATAN – (RAJABASANEWS.COM) –Terletak di pinggir jalan yang tak jauh dari jangkauan pusat kota Kalianda, Kebun Edukasi Lampung Selatan memang menjadi salah satu destinasi wisata andalan bagi wisatawan lokal hingga wisatawan luar daerah untuk berkunjung.
Kebun Edukasi yang kini makin dilengkapi dengan fasilitas seperti taman, kolam ikan, wahana permainan anak, gazebo, kursi taman, spot-spot foto yang kekinian dan kedai-kedai jualan makanan yang lengkap semakin menambah daya tarik wisatawan.
Ketika berkunjung ke Kebun Edukasi, pengunjung akan disambut terlebih dahulu oleh Sentra Wisata Kuliner dan Sentra Produk UMKM Lampung Selatan yang berada di dekat lokasi parkiran.
Kedai-Kedai yang terdapat di Sentra Kuliner ini, menjual beragam makanan dan minuman, seperti nasi ayam penyet, bakso, mie ayam, soto, pecel lele, dan aneka jajanan seperti somay, dimsum, pempek, maupun aneka minuman dingin, es kelapa muda dan jus buah.
Seperti yang dijelaskan salah satu pemilik Kedai makanan, Ibu Yanti (36) beliau mulai berjualan bakso dan mie ayam mulai dari jam 8 pagi hingga 9 malam, tergantung dari banyaknya pengunjung yang datang.
“Buka warung dari jam 8 pagi hingga jam 9 malam, kadang kalo rame biasanya setiap sore terutama sabtu minggu bisa buka smpe jam 10 malam”, katanya saat ditemui di lokasi, (21/1/2022).
Yanti menuturkan, sebelum berjualan di wisata kuliner kebun edukasi ia merupakan seorang ibu rumah tangga, namun kini ia merasakan adanya perubahan dari segi ekonomi sehingga dapat menambah pemasukan keluarga.
“Ada lah segi perubahan, kalo ibu rumah tangga kan dijatah oleh suami, kalo dagang sendiri lumayan dagang punya pemasukan, lumayanlah daripada dirumah,” jelasnya.
Hal senada juga diungkapkan oleh Sri Wahyuni (47) pedagang di Sentra Kuliner Kebun Edukasi itu mengungkapkan sangat bersyukur setelah berjualan di lokasi tersebut. enambah pemasukan keluarga lewat berjulan somay, dan aneka minuman di kedai miliknya.
“Alhmdulilah ada perubahan cuman ya namanya kita dagang kadang rame kadang sepi, ya Alhmdulilah.” ungkapnya.
Penjual asal Desa Lubuk Malvinas ini juga mengucapkan terimaksih kepada Pemerintah Kabupaten terutama Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, karena telah memperhatikan para pedagang kecil dengan di fasilitasi tempat untuk berjualan di wisata kuliner kebun edukasi.
“Alhamdulilah bapak Bupati juga selalu memantau para penjual apakah rame pembeli enggaknya, buka atau tidak, jadi memang dihimbau agar buka terus tiap hari biar rame,” ujarnya.
Sebagai penjual kuliner, Yuni juga berharap agar Kebun Edukasi semakin ramai pengunjung, sehingga memiliki dampak juga pada makin banyaknya pembeli di kedai-kedai makanan wisata kuliner kebun edukasi.
“Harapan ibu kedepan buat kios disini buat penjual disni. semoga taman lebih bagus, pembangunan bertambah, kebun edukasi selalu ramai supaya lancar semua rame tamannya rame pembeli juga,” tambahnya lagi.
Untuk diketahui, pada lokasi yang sama para pengunjung juga dapat membeli berbagai makanan dan oleh-oleh khas Lampung Selatan hasil dari produk UMKM, yang saat ini tengah melaksanakan bazar. Kegiatan ini rencananya akan berlangsung selama kurang lebih 2 bulan kedepan, pada hari sabtu dan minggu sore.
Tidak hanya itu, para pengunjung juga dapat menikmati hiburan live musik oleh Kafe Edukasi yang berada tepat disebelahnya. Bahkan, bagi yang hobi bernyanyi dapat pula berpartisipasi di acara live musik tersebut tanpa dipungut biaya. (HY/Hr).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.