Bupati Nanang Ermanto Hadiri Acara Silaturahmi dan Penanaman Pohon Durian Di Kawasan Agro Wisata Kebun Durian Palas

EKONOMI Lampung Selatan Pemerintahan Perkebunan Sosial

LAMPUNG SELATAN – (RAJABASANEWS.COM)  – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menghadiri acara silaturahmi dan penanaman bibit pohon durian di kawasan agrowisata kebun durian di Desa Bali Agung Kecamatan Palas, pada Minggu pagi (21/8/2022).

Dalam kegiatan itu, Bupati Nanang Ermanto menanam langsung pohon durian dan meresmikannya melalui penandatangan prasasti. Dan direncanakan kawasan itu nantinya akan dibuat wisata terpadu dengan dibangun pula kolam pemancingan ikan, kawasan pertanian organik dan mina padi.

Ketua Pelaksana Nyoman Supat Widya A.Md. yang juga penginisiasi agrowisata kebun durian di desa Bali Agung melaporkan, kegiatan ini sebagai wujud kepedulian terhadap pelestarian lingkungan dan bertujuan ikut membangun Desa Bali Agung dari sektor agrowisata.

“Dalam kesempatan ini saya ingin Desa Bali Agung mempunyai satu icon wisata, yaitu agrowisata kebun durian yang kami beri nama pondok SW (support Widya), semoga ini dapat menjadi kebanggaan warga dan menjadi percontohan desa-desa lain atau daerah lain,” lapornya.

Dia menjelaskan, bahwa agrowisata kebun durian yang diinisiasi tersebut, menggunakan metode tanam tiga atau “Triple Tree Planting Method” yakni salah satu kaedah menanam tiga pohon durian sekaligus. Adapun jenis durian yang ditanam terdiri dari durian musang king, durian duri itam, dan durian bawor.

“Triple Tree Planting Metode merupakan satu kaedah menanam tiga pokok durian sekaligus yang sudah lama di praktikan di negara jiran Malaysia. Dengan metode ini kami buat gundukan terlebih dahulu, kemudian dalam satu gundukan terdapat tiga jenis durain yaitu durian musang king, duri itam, dan durian bawor,” jelasnya lebih lanjut.

Sementara, Bupati Nanang Ermanto sangat mengapresisasi terbentuknya agrowisata kebun durian yang di inisiasi oleh pemuda setempat. Ia mengatakan, adanya agrowista kebun durian memiliki dampak jangka panjang dalam meningkatkan sentra ekonomi masyarakat setempat.

“Adanya inisiasi kebun durian ini memberikan dampak positif dari segi pelestarian lingkungan, menambah penghasilan masyarakat, menciptakan sumber pangan dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Nanang berpesan, seluruh bibit pohon yang telah ditanam agar bisa dijaga dan dilakukan perawatan secara sungguh-sungguh sehingga bisa tumbuh dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal. (Hy/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.